Kegiatan Keagama dan Budaya Desa Warga Indah Jaya

Warga Indah Jaya 21 maret 2019:Kegiatan keagaamaan dan budaya yang di laksanakan di desa warga indah jaya pada hari rabu, 20 maret 2019 merupankan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap 6 bulan sekali yauitu upacara odalan atau piodalan pure dalem.

persiapan sebelum dilakuhkan sembahyang bersama (doc.kam foto by: i ketut asmara j )

Odalan atau Piodalan pada hakikatnya adalah peringatan hari kelahiran(hari jadi) sebuah pura, sebut saja seperti peringatan ulang tahun. Jika ulang tahun kita diperingati berdasarkan perhitungan kalender(umumnya: tanggal dan bulan) sedangkan ulang tahun(tegak odalan) pura/kahyangan ditentukan berdasarkan perhitungan sasih atau wewaran terutama memadukan sapta wara dan panca wara serta wuku. Jika perhitungan berdasarkan sasih maka umumnya dikaitkan dengan saat datangnya bulan sempurna(bulan purnama). Umumnya odalan/piodalan yang berdasarkan sasih selalu jatuh pada saat purnama dengan sasih yang berbeda-berbeda dan diperingati setahun sekali.

Namun odalan yang dilaksanakan di desa warga indah jaya merupakan odalan yang perhitungannya berdasarkan wewaren dan wuku maka odalan sebuah pura akan jatuh setiap 210 hari atau 6(enam) bulan sekali. Misalkan: Odalan di Pura Batukaru, Tabanan jatuh pada Wrespati Umanis Wuku Dungulan(Umanis Galungan). Setelah diketahui dasar-dasar perhitungan tegak odalan maka akan dilakukan upacara melaspas atau ngenteg linggih untuk kemudian dijadikan sebagai tegak odalan berikutnya.

tari pendet yang ditarikan oleh anak anak pasraman saduta dharma (dok.kam, foto by : luh melly)

Kegiatan yang di lakuhkan oleh masyarakat desa warga indah jaya sebelum melaksanakan odalan yaitu persiapan pembuatan banten atau sesajen. Pembuatan banten atau sesajen dilakuhkan 4 hari sebelum dilaksanakannya upacara odalan tersebut. Kegiatan ini di lakuhkan secara gotong royong, dengan tujuan untuk selalu mempererat erat hubungan antar umat, khususnya umat agama hidu yang ada di desa warga indah jaya.Ada pun beberapa acara kebudayan dan keagamaan yang di lakuhkan seperti pertujukan tari, kidung, dharma wacana dan sembahyang bersama pada puncak acara.

prani desa pekraman (dok. kam, foto by: i ketut asmara j)
Facebook Comments
About wargaindahjaya 125 Articles
kampung warga indah jaya dioperatori oleh I KETUT ASMARA JAYA

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan