Posyandu ibu habil,balita dan lansia APRIL 2018

posyandu 9 april 2018

Warga indah jaya,kec Banjar Agung,kab Tulang Bawang pada 9 april 2018 :Posyndu balita dan Lansia di kampung warga indah jaya bersama dinas keshatn dari puskesmas tulng bawang dan juga di hadiri oleh kepala kampung warga indah jaya.,Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dan Posyndu balita pos pelayanan terpadu untuk masyarakat yang memiliki balita, dan anak-anak pada suatu wilayah atau sebuat kampung.

Posyandu lansia / kelompok usia lanjut adalah merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat atau /UKBM yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan itu sendiri khususnya pada penduduk usia lanjut. Pengertian usia lanjut adalah mereka yang telah berusia 60tahun keatas.
Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia. Mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

Sasaran Posyandu Lansia ada dua yaitu sasaran langsu dan sasaran tidak langsung, Sasaran langsung Kelompok pra usia lanjut (45-59 tahun),Kelompok usia lanjut (60 tahun keatas),Kelompok usia lanjut dengan resiko tinggi (70 tahun ke atas).Dan Sasaran tidak langsung Keluarga dimana usia lanjut berada di luar Organisasi sosial yang bergerak dalam pembinaan usia lanjut di dalam Masyarakat luas. Dan begitu juga dengan nposyandu balita yang pastinya sasaranya adalah balita.

Pelayanan gizi di Posyandu dilakukan oleh kader. Sasarannya adalah bayi, balita. Jenis pelayanan yang diberikan meliputi penimbangan berat badan, deteksi dini gangguan pertumbuhan, penyuluhan gizi, pemberian PMT, pemberian Vitamin A, dan pemberian sirup Fe.

posyandu 9 april 2018

Pelayanan imunisasi di Posyandu hanya dilaksanakan apabila ada petugas Puskesmas. Jenis imunisasi yang diberikan disesuaikan dengan program, baik terhadap bayi dan balita. dengan adanya posyandu kami berharap agar warga kampung warga indah jaya dapat mengikuti posyandu balita untuk warga yang mempunyai balita dan untuk lanjut usia juga di wajibkan untuk ikut dalam posyandu lansia.

Agar ibu-ibu hamil di kampung warga indah jaya dapat di pantau untuk peberian obat untuk ibu hamil,vitamin,dan gizi tambahan agar ibu dan kandungannya sehat,untuk ibu hamil yang sehat pastinya anaknya juga sehat. oleh bidan dan kader kesehantan kampung warga indah jaya di wajibkan untun mendata setiap ibu hamil di kampung warga indah jaya kec banjar agung kab tulang bawang, agar bagi ibu hamil rutin mengikuti posyandu setiap bulan yang sering di gelar pada tanggal 9 setiap satu bulan sekali.

Sebagaimana kita ketahui, Posyandu merupakan perpanjangan tangan Puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat. Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan system pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia, secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak (Departemen Kesehatan, 1999).

posyandu untuk ibu hamil (doc.kampung WIJ-BA foto by kader kesahatan kampung warga indah jaya)

Tujuan Posyandu Mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak,Meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak,Mempercepat penerimaan norma keluarga kecil bahagia sejahtera, Meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan kegiatan–kegiatan lain yang menunjang peningkatan kemampuan hidup sehat, pendekatan dan pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam usaha meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan kepada penduduk berdasarkan geografi, Meningkatkan dan pembinaaan peran serta masyarakat dalam rangka alih tehnologi untuk swakelola usaha–usaha kesehatan masyarakat.

Kegiatan pada pemeliharaan kesehatan ibu hamil, Pemeriksaan kesehatan umum Pemeriksaan kehamilan dan nifas,Pelayanan peningkatan gizi melalui pemberian vitamin dan pil penambah darah, Imunisasi tetanus toxoid untuk ibu hamil. Pengobatan penyakit sebagai pertolongan pertama, Pertolongan pertama pada kecelakaan, ayo ibu-ibu habil ikut posyandu dengan rutin agar mendapat gizi dan vitamin untuk ibu hamil di kampung warga indah jaya dan posyandu ini juga pastinya ada di setiap desa dan kota atau negara.

About wargaindahjaya 125 Articles
kampung warga indah jaya dioperatori oleh I KETUT ASMARA JAYA

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan