Gotong royong memindah rumah warga kampung indah jaya

warga indah jaya 21 maret 2018 :Selamat pagi pada hari ini kami akan membagikan gotong royong yang biasa di lakunkan oleh umat hindu kampung warga indah jaya sejak dulu kala. Hinga saat ini masih terus di lakukan oleh umat hindu kampung warga indah jaya yaitu gotong rumah warga yang mau di pindahkan tapi rumah yang di gotong ini adalah rumah yang kerangka tiyangnya dari kayu dan bukan dari bahan batu bata maupun semen.

Gotong royong telah lama mengakar dalam masyarakat Indonesia. Di Kabupaten Tulang Bawang (tuba), masyarakat suku Bali masih mempertahankan sebuah tradisi mengangkat rumah yang dilakukan oelh umat seadat kampung warga indah jaya.

Aturan adat hindu kampung warga indah jaya ini sudah berlangsung turun-temurun. Warga yang hendak memindahkan rumahnya akan dibantu oleh warga satu sekae atau banjar. Bobot rumah yang dipindahkan tentu saja tidak hanya ringan, bisa berat. Jarak rumah yang dipindahkan ke lokasi baru juga biasanya tidak hanya dekat terkadang bisa jauh tergantu pekarangan pemilik rumah, namu hanya berpindah misal di depan lalu di pindah ke belakang.

gotong royong nanggong kerangka rumah edisi 2018 kampung warga indah jaya

Dengan semangat gotong royong yang menjadi filosofi dalam adat umat hindu sebajar kampung warga indah jaya, proses mengangkat dan memindahkan rumah bisa dilakukan.dan tidak hanya itu saja bagi mereka yang tidak datang maka akan di denda sesuai aturan adat hindu kampung warga indah jaya.

Seperti yang dilakukan pada tahun yang lalu sebelum banyaknya bagunan permanen. Warga beramai-ramai memindahkan sebuah kerangka rumah . Awalnya, bambu-bambu diikat di masing-masing tiang rumah. Ini nantinya menjadi alat bantu mengangkat rumah. Bambu tersebut dipanggul bersama-sama untuk mempermudah mengangkat rumah dan memindah ke lokasi baru atau tempat yang sudah di tentukan.

Walaupun hanya berjarak 5-10 meter dari lokasi yang sudah di tentukan dan bisa lebih dari itu jika lokasi baru cukup jauh, proses angkat kerangka rumah ini terbilang sulit. Warga harus memanggul kerangka rumah kayu ini secara bersamaan. Tak jarang warga harus berkali-kali untuk menurunkan rumah karena terlalu berat, lalu diangkat kembali. Untuk sampai di tujuan, bisa memakan waktu hingga berjam-jam terkadang bisa samapai dua hari, namu tergantung kerangka rumah yang akan di pindah dan jaraknya jika jaraknya dekat maka tidak akan memakan waktu ya lama.

gotong royong nanggong kerangka rumah edisi 2018 kampung warga indah jaya

Setelah rumah selesai dipindahkan atau di tempat yang di tentukan, kegiatan dilanjutkan dengan acara absen setiap warga yang namanya di panggil akan menjawab ada. Tujuannya agar warga yang di tidak datang di ketahui dan akan di kenakan denda sesua aturan adat banjar kampung warga indah jaya.

Kegiatan gotong royong ini sudah jarang sekali kita lihat karena kebanyakan warga banjar, kampung warga indah jaya memiliki rumah berupa beton atau permanen sehigga sudah tidak terlalu banyak orang yang melakukan gotong rumah seperti pada pagi tadi.

About wargaindahjaya 125 Articles
kampung warga indah jaya dioperatori oleh I KETUT ASMARA JAYA

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan