Pelatihan membuat “banten” kampung warga indah jaya

warga indah jaya 23 februari 2018 : kampung warga indah jaya mengadakan Pelatihan membuat “banten” atau rangkaian sesaji dalam upaya melestarikan adat dan budaya dari Pulau Dewata, yang  telah merantau jauh dari pulau dewata. pelatihan ini di ikututi oleh pemudi dan ibu rumah tangga kususnya untuk umat hindu di kampung warga indah jaya.

pelatihan membuat banten di pura puseh kampung warga indah jaya(doc kampung)

Pelestarian adat dan budaya memang mendapat tantangan sangat berat di era globalisasi. Banyak perubahan-perubahan yang ditimbulkan akibat era keterbukaan tersebut. Salah satunya untuk keperluan sesaji seperti janur, pisang dan lainnya. dengan memanfaatkan tanaman atau tubuhan yang seri kita jumpai di pedesaan atau perkampungan.

pelatihan membuat banten di pura puseh kampung warga indah jaya(doc kampung)

 

Di samping itu,sekarang banyak ibu-ibu lebih cenderung membeli “banten” dari pada membuat. Kalau tidak ada upaya pelestarian melalui pelatihan seperti sekarang ini, tentunya lama-kelamaan akan mempengaruhi dalam pelestarian adat dan budaya itu.Pelatihan ini sangat bagus mengingat langsung dapat dirasakan oleh masyarakat. Keberadaan sesaji sangat dibutuhkan dalam setiap kegiatan upacara yang di lakukan oleh umat hindu yang tingal di perantauan kususnya untuk kampung warga indah jaya. Dengan adanya pelatihan tentunya makna dari bebantenan yang dibuat akan lebih dipahami oleh ibu-ibu kampung warga indah jaya.

 

 

Dengan demikian sesaji (banten) yang dibuat tidak sekadar di buat, tetapi harus memahami, baik secara fisik dan filosofi sesuai dengan ajaran agaman.ketua pelatih berharap untuk semua peserta agar bertanya sebanyak-banyaknya tentang makna banten yang dibuat. Dengan demikian dapat mengetahui dan mengetok tularkan pembuatan sesaji kepada generasi muda. adat tetua serta para petinggi hindu di kampung warga indah jaya berharap agar ibu-ibu kusuhnya umat hindu dapat mengebangkan dan menikakan kemampuannya dalam pembuatan banten atau yang seri di sebut sesaji agar tidak mengandalkan pembelian banten atau dari penjual banten.

pelatihan membuat banten di pura puseh kampung warga indah jaya(doc kampung)
About wargaindahjaya 125 Articles
kampung warga indah jaya dioperatori oleh I KETUT ASMARA JAYA

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan