Yang suka internet Wajib tau ini

warga indah jaya,06 februari 2018 : Peretas Indonesia Menantang Dunia:
Sultan Haikal, pria Tangerang berusia 19 tahun, melakukan sesuatu yang tidak biasa untuk remaja seusianya. Haikal beserta kelompok Gantengers meretas 4.237 situs dan menyebabkan kerugian bagi pemilik situs senilai Rp 5 miliar.

Sebelum rentetan aksinya diketahui kepolisian, Haikal cs terhitung moncer sebagai seorang cracker. Kelompok Gantengers besutan Haikal disebut pernah meretas situs layanan finansial Master Card di AS pada 25 April 2015.
Haikal dan Gantengers memang lebih tepat disebut cracker ketimbang hacker, Sebab cracker biasa meretas sistem dengan sifat merusak seperti mencuri data dan mengeksploitasi data tersebut untuk kepentingan diri sendiri atau kelompok.

Berbeda dengan hacker yang sesungguhnya melakukan analisis sistem atau coding untuk dicari kelemahannya guna ditingkatkan keamanannya. Namun publik kerap menganggap sama cracker dan hacker, dan Indonesia sejauh ini memiliki satu padanan kata yang sama untuk keduanya: peretas. Yakni orang yang mengakses komputer orang lain tanpa izin, biasanya dengan bantuan teknologi komunikasi.

Logo kelompok hacker Gantengers Crew (Foto: Istimewa)

Banyak cracker asal Indonesia mampu melakukan hal seperti Haikal dan kelompok Gantengers, hanya dengan variasi berbeda. Mereka meretas laman resmi suatu lembaga di luar Indonesia, meninggalkan pesan di bagian beranda, sehingga menimbulkan pemandangan yang janggal.
kumparan menghimpun rangkaian peristiwa yang “membangun”reputasiIndonesiadi mata cracker Internasional.
Salah satu aksi penting cracker Indonesia terjadi pada 2009, akibat sengketa Indonesia-Malaysia memperebutkan Pulau Sipadan dan Ligitan di Selat Makassar.

Saat itu, para peretas asal Malaysia melakukan serangan ke beberapa laman milik pemerintah Indonesia. Sontak, beberapa kelompok peretas Indonesia, dengan patriotisme menyala, menyerang balik. Cracker Indonesia menembus laman rumah sakit umum Malaysia, beralamat di www.hoshas.goh.gov.my.

Cyber war paling menonjol selanjutnya terjadi pada Juli 2013, ketika para cracker Indonesia bersitegang dengan kelompok Bangladesh. Sebanyak 913 laman dibobol oleh kelompok dari Bangladesh yang bernama BD Grey Hat Hacker. Namun ketegangan berakhir antiklimaks. BD Grey Hat Hacker mengunggah pesan permintaan maaf yang ditujukan pada cracker Indonesia.

suber : https://kumparan.com/@kumparantech/peretas-indonesia-menantang-dunia.

About wargaindahjaya 125 Articles
kampung warga indah jaya dioperatori oleh I KETUT ASMARA JAYA

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan