PENDAHULUAN WARGA INDAH JAYA

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, dinyatakan bahwa Desa adalah desa dan desa adat atau yang disebut dengan nama lain, selanjutnya disebut Desa, adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurusur usan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan Pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa,dan pemberdayaan masyarakat Desa berdasarkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Bahwa Kegiatan Penyelenggaraan Pemerintah di Tingkat Kampung dalam bentuk pelayanan kepada Masyarakat, intensitas kegiatan Pembangunan dan pelaksanaan aktifitas administrasi Pemerintah serta upaya pemberdayaan Masyarakat secara Optimal perlu direncanakan secara sitematis dan prosedural.

Rencana Kerja Pembangunan Kampung (RKP-Kampung) merupakan rincian Program kerja Pembangunan di tingkat Kampung yang mempunyai azas tepat guna, tepat hasil, efektif dan efisien menurut kemampuan keuangan Kampung.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang merupakan pengganti Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999, Desa atau yang disebut dengan nama lain yang selanjutnya disebut desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yuridis, berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul dan adat istiadan setempat yang diakui dan/atau dibentuk dalam sistem Pemerintahan Nasional dan berada di Kabupaten/Kota, sebagaimana dimaksud dalam undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Landasan Pemikiran dalam pengaturan mengenai desa adalah keanekaragaman, partisipasi, otonomi asli, demokrasi dan pemberdayaan masyarakat.

Berdasarkan pola pemikiran dimaksud, dimana bahwa berwenang mengurus kepentingan masyarkaat setempat berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan /atau dibentuk dalam sistem Pemerintahan Nasional dan berada di Kabupaten/Kota, maka semua desa diharuskan mempunyai perencanaan yang matang berdasarkan partisipasi dan transparansi serta demokrasi yang berkembang di desa, maka desa diharuskan mempunyai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung (RPJM-Kampung) ataupun Rencana Pembangunan Tahunan Kampung (RKP-Kampung).

RKP-Kampung Warga Indah Jaya ini merupakan rencana strategis Kampung Warga Indah Jaya untuk mencapai  tujuan dan cita-cita desa. RKP-Kampung tersebut nantinya akan menjadi dokumen perencanaan yang akan menyesuaikan perencanaan tingka Kabupaten. Spirit ini apabila dapat dilaksanakan dengan baik maka kita akan memiliki sebuah perencanaan yang memberi kesempatan kepada Kampung untuk melaksanakan kegiatan perencanaan pembangunan yang lebih sesuai dengan prinsip-prinsip Pemerintahan yang baik (Good Goverment) seperti patisipasif, transparan dan akuntabilitas.

  1. Tujuan dan Manfaat

Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Kampung (RKP-Kampung). Kampung Warga Indah Jaya ini mempunyai tujuan dan manfaat sebagai berikut :

  1. Tujuan RKP-Kampung
  2. Agar Desa memiliki dokumen perencanaan pembangunan desa dalam lingkup skala desa yang berkesinambungan dalam waktu 6 tahun dengan menyelaraskan kebijakan pembangunan Kecamatan maupun Kabupaten.
  3. Sebagai dasar/pedoman kegiatan pembangunan Kampung Warga Indah Jaya.
  4. Sebagai masukan penyusunan RAPB Kampung Warga Indah Jaya.
  5. Manfaat RKP-Kampung
  6. Lebih menjamin kesinambungan pembangunan.
  7. Sebagai rencana induk pembangunan desa yang merupakan acuan pembangunan desa.
  8. Pemberi arah seluruh kegiatan pembangunan di desa.
  9. Menampung aspirasi kebutuhan masyarakat yang dipadukan dengan program pembangunan dari pemerintah.
  10. Dapat mendorong patisipasi masyarakat.

 

  1. VISI DAN MISI

Sebagai dokumen perencanaan yang merupakan penjabaran dari Dokumen RPJM-Kam, maka seluruh rencana program dan kegiatan pembangunan yang akan dilakukan oleh Kampung secara bertahap dan berkesinambungan harus dapat menghantarkan tercapainya Visi-Misi Kampung.

Visi-Misi Kampung Warga Indah Jaya disamping merupakan Visi-Misi Kepala Kampung Terpilih, juga diintegrasikan dengan keinginan bersama masyarakat Kampung dimana proses penyusunannya dilakukan secara partisipatif mulai dari tingkat RW sampai tingkat Kampung. Adapun Visi Kampung Warga Indah Jaya sebagai berikut :

MEWUJUDKAN KAMPUNG WARGA INDAH JAYA YANG MANDIRI DAN SEJAHTERA “

Sedangkan Misi Kampung Warga Indah Jaya adalah :

  1. Meningkatkan SDM aparatur baik pemerintahan maupun masyarakat Kampung
  2. Menciptakan dan meningkatkan produk unggulan Kampung
  3. Meningkatakan kerukunan beragama serta mengembangkan adat istiadat, budaya, dan nilai-nilai luhur yang merupakan potensi asli Kampung
  4. Meningkatkan Pelayanan Masyarakat
  5. Mengembangkan produk asli kampung menjadikan lebih bernilai
  6. Meningkatkan pelayanan pembangunan infrastruktur pertanian

BAB IV

PENUTUP

Keberhasilan pelaksanaan pembangunan di tingkat Kampung pada dasarnya ditentukan oleh sejauh mana komitmen dan konsistensi pemerintahan dan masyarakat Kampung saling bekerjasama membangun Kampung. Keberhasilan pembangunan yang dilakukan secara partisipatif mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pada monitoring evaluasi akan lebih menjamin keberlangsungan pembangunan di Kampung. Sebaliknya permasalahan ketidak percayaan satu sama lain akan mudah muncul manakala seluruh komunikasi dan ruang informasi bagi masyarakat kurang memadai.

Diharapkan proses penyusunan Rencana Pembangunan jangka Menengah Desa/ Kampung (RPJM-Des) dan Rencana Kerja Pemerintah Desa/Kampung (RKP-Des) yang benar-benar partisipatif dan berorientasi pada kebutuhan riil masyarakat akan mendorong percepatan pembangunan skala Kampung menuju kemandirian Kampung, maka diharapkan dalam proses penyusunan APBDes seluruhnya bisa teranggarkan secara proporsional.

Demikian Rencana Kerja Pemerintah Desa/Kampung (RKP-Des)  Warga Indah Jaya dibuat untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaanPembangunan di Kampung Warga Indah Jaya Tahun 2017.